Mentari merupakan seorang dosen lulusan S2 Magister Sains Manajemen Universitas Airlangga. Ia menekuni ilmu di bidang manajemen khususnya manajemen pemasaran. Mentari aktif dalam melakukan penelitian di bidang pemasaran. Beberapa penelitian yang dilakukan diantaranya terkait social media marketing, advertising, influencers dan lain sebagainya. Mentari telah menulis beberapa buku diantaranya Jingle for Business serta tips and trick untuk meningkatkan kepercayaan diri. Beliau juga telah memiliki beberapa publikasi penelitian dan aktif dalam beberapa kegiatan konferensi internasional seperti GCBME dan INSYMA.
Nama: Mentari Septynaputri Widodo, S.M., M.SMAgatha adalah seorang dosen di Politeknik ubaya yang merupakan lulusan dari Magister administrasi bisnis Universitas Brawijaya. Dengan beberapa keahlian di bidang komunikasi dan bisnis menjadikan Agatha memiliki kapabilitas sesuai untuk mengampu di bidang komunikasi dan pengembangan diri. Penelitian dan Pengabdian yang dilakukan sejalan dengan kemampuan yang dimiliki yaitu dibidang strategi, bisnis, manajemen dan komunikasi.
Melinda adalah lulusan S2 dari Universitas Ubaya Program Studi Magister Manajemen pada tahun 2000. Beberapa pengalaman menjadi narasumber serta pengabdian masyarakat dan berpartisipasi pada acara Lomba Kompetensi Siswa SMK bidang Pemasaran Online seJawa Timur dari tahun 2010 hingga saat ini. Beberapa penghargaan diraihnya antara lain mendapat penghargaan pada ajang Inovasi Pembelajaran Dosen pada tahun 2006, dan pada tahun 2010 mendapatkan bantuan dari Dikti untuk menjadi narasumber di Swedia. Melinda Christanti telah menulis beberapa buku, yaitu Penelitian Pemasaran dan Manajemen Ritel. Beliau pernah bekerja sama dengan perusahaan untuk melakukan penelitian (marketing research) bersama perusahaan lokal dan nasional.
1. Menjelaskan ruang lingkup, model, dan sistematika perencanaan bisnis.
2. Menjelaskan inovasi dan tantangan dalam model bisnis.
3. Merumuskan ide bisnis baru secara sistematis.
4. Menganalisis keunggulan bersaing.
1. Memahami konsep model bisnis startup.
2. Menjelaskan elemen-elemen dalam Business Model Canvas (BMC).
3. Menghubungkan BMC dengan perencanaan bisnis sederhana.
1. Menjelaskan konsep lingkungan bisnis.
2. Membedakan lingkungan internal dan eksternal.
3. Mendeskripsikan dan merumuskan analisis SWOT.
1. Menjelaskan konsep STP (Segmenting, Targeting, Positioning).
2. Menjelaskan dan menyebutkan komponen bauran pemasaran.
3. Menjabarkan daya beli dan kepuasan konsumen.
1. Memahami sumber dana dan jenis biaya.
2. Menjelaskan metode analisis keuangan (BEP, NPV, IRR).
3. Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan metode analisis.
1. Mengidentifikasi dan merumuskan pengelolaan risiko bisnis.
2. Menjelaskan risiko pada leverage (DOL, DFL, DCL).
3. Menjelaskan cara mengatasi risiko dalam pengelolaan bisnis.
1. Menerapkan strategi bisnis dalam simulasi model Business Model Canvas (BMC).
2. Menganalisis elemen-elemen BMC melalui studi kasus atau simulasi.
3. Mengevaluasi kesesuaian strategi startup berdasarkan hasil analisis BMC.