Skip to main content

Topic outline

  • Identitas Pengajar

    Profil Pengajar 1:

    Mentari merupakan seorang dosen lulusan S2 Magister Sains Manajemen Universitas Airlangga. Ia menekuni ilmu di bidang manajemen khususnya manajemen pemasaran. Mentari aktif dalam melakukan penelitian di bidang pemasaran. Beberapa penelitian yang dilakukan diantaranya terkait social media marketing, advertising, influencers dan lain sebagainya. Mentari telah menulis beberapa buku diantaranya Jingle for Business serta tips and trick untuk meningkatkan kepercayaan diri. Beliau juga telah memiliki beberapa publikasi penelitian dan aktif dalam beberapa kegiatan konferensi internasional seperti GCBME dan INSYMA.

    Nama: Mentari Septynaputri Widodo, S.M., M.SM
    Email: mentariwidodo@staff.ubaya.ac.id
    LinkedIn: -



    Profil Pengajar 2:

    Agatha adalah seorang dosen di Politeknik ubaya yang merupakan lulusan dari Magister administrasi bisnis Universitas Brawijaya. Dengan beberapa keahlian di bidang komunikasi dan bisnis menjadikan Agatha memiliki kapabilitas sesuai untuk mengampu di bidang komunikasi dan pengembangan diri. Penelitian dan Pengabdian yang dilakukan sejalan dengan kemampuan yang dimiliki yaitu dibidang strategi, bisnis, manajemen dan komunikasi.



    Nama: Agatha Christhy Wahyono,S.A.B.,M.A.B
    Email: agathacw@staff.ubaya.ac.id
    LinkedIn: -



    Profil Pengajar 3:

    Melinda adalah lulusan S2 dari Universitas Ubaya Program Studi Magister Manajemen pada tahun 2000. Beberapa pengalaman menjadi narasumber serta pengabdian masyarakat dan berpartisipasi pada acara Lomba Kompetensi Siswa SMK bidang Pemasaran Online seJawa Timur dari tahun 2010 hingga saat ini. Beberapa penghargaan diraihnya antara lain mendapat penghargaan pada ajang Inovasi Pembelajaran Dosen pada tahun 2006, dan pada tahun 2010 mendapatkan bantuan dari Dikti untuk menjadi narasumber di Swedia. Melinda Christanti telah menulis beberapa buku, yaitu Penelitian Pemasaran dan Manajemen Ritel. Beliau pernah bekerja sama dengan perusahaan untuk melakukan penelitian (marketing research) bersama perusahaan lokal dan nasional.


    Nama: Melinda Christanti Kwan, S.E. M.M.
    Email: melinda_c@staff.ubaya.ac.id
    LinkedIn: -


  • Forum Diskusi Umum

    Highlighted
  • Minggu ke 1: Perencanaan Startup (Ide dan Inovasi)

    Capaian Pembelajaran Khusus:

    1. Menjelaskan ruang lingkup, model, dan sistematika perencanaan bisnis.
    2. Menjelaskan inovasi dan tantangan dalam model bisnis.
    3. Merumuskan ide bisnis baru secara sistematis.
    4. Menganalisis keunggulan bersaing.


  • Minggu ke 2: Model Bisnis Startup

    Capaian Pembelajaran Khusus:

    1. Memahami konsep model bisnis startup.
    2. Menjelaskan elemen-elemen dalam Business Model Canvas (BMC).
    3. Menghubungkan BMC dengan perencanaan bisnis sederhana.


    Not available unless: The activity Uji Pengetahuan Minggu 1 is marked complete
  • Minggu ke 3: Analisis Internal dan Eksternal Lingkungan Bisnis

    Capaian Pembelajaran Khusus:

    1. Menjelaskan konsep lingkungan bisnis.
    2. Membedakan lingkungan internal dan eksternal.
    3. Mendeskripsikan dan merumuskan analisis SWOT.


    Not available unless: The activity Uji Pengetahuan Minggu 2 is marked complete
  • Minggu ke 4: Perencanaan Strategi Pemasaran

    Capaian Pembelajaran Khusus:

    1. Menjelaskan konsep STP (Segmenting, Targeting, Positioning).
    2. Menjelaskan dan menyebutkan komponen bauran pemasaran.
    3. Menjabarkan daya beli dan kepuasan konsumen.


    Not available unless:
    • The activity Latihan Analisis SWOT is marked complete
    • The activity Uji Pengetahuan Minggu 3 is marked complete
  • Minggu ke 5: Mengelola dan Menganalisis Finansial

    Capaian Pembelajaran Khusus:

    1. Memahami sumber dana dan jenis biaya.
    2. Menjelaskan metode analisis keuangan (BEP, NPV, IRR).
    3. Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan metode analisis.


    Not available unless: The activity Uji Pengetahuan Minggu 4 is marked complete
  • Minggu ke 6: Analisis Risiko (Mengantisipasi Tantangan Bisnis)

    Capaian Pembelajaran Khusus:

    1. Mengidentifikasi dan merumuskan pengelolaan risiko bisnis.
    2. Menjelaskan risiko pada leverage (DOL, DFL, DCL).
    3. Menjelaskan cara mengatasi risiko dalam pengelolaan bisnis.


    Not available unless: The activity Sumber Pendanaan Startup: Mana yang Terbaik? is marked complete
  • Minggu ke 7: Strategi Startup dan Simulasi BMC

    Capaian Pembelajaran Khusus:

    1. Menerapkan strategi bisnis dalam simulasi model Business Model Canvas (BMC).
    2. Menganalisis elemen-elemen BMC melalui studi kasus atau simulasi.
    3. Mengevaluasi kesesuaian strategi startup berdasarkan hasil analisis BMC.


    Not available unless: The activity Simulasi Manajemen Risiko is marked complete
  • Formulir Evaluasi Kursus

    Not available unless: The activity Analisis Business Model Canvas (BMC) – HealTrack Instruksi: is marked complete
  • Congratulations!

    Not available unless: The activity Form Pengisian oleh Peserta is marked complete